Ayah Buta Warna Ibu Normal Maka Anaknya Bagaimana? Ini Ulasannya!

Pertanyaan ini mungkin sering ditanyakan, terutama bagi mereka yang ancang-ancang ingin menikah: “Jika seorang ayah menderita buta warna, dan ibu normal, apakah anaknya menderita buta warna juga, atau bagaimana?”

Sebelum tiba ke jawaban, maka ada baiknya kita membahas bagaimana penyakit buta warna diturunkan.

Penyakit buta warna bisa diturunkan dengan kontribusi setengah-setengah antara pihak ayah dan ibu. Tapi karena kromosom ayah beda dengan ibu, XY dan XX, maka perhitungannya menjadi sedikit ribet.

Dari pada ribet dengan rumus persilangan kromosom, maka baik kita ambil gampangnya saja. Berikut kami coba sederhanakan. 

Kita mulai dari kondisi masing-masing pihak. Untuk pihak Ayah kemungkinannya adalah:

  1. Ayah buta warna 
  2. Ayah normal 

Sedangkan Untuk pihak Ibu ada 3 kemungkinan, yaitu:

  1. Ibu buta warna
  2. Ibu normal tapi membawa gen buta warna 
  3. Ibu normal murni 

Supaya mudah paham, kita langsung saja ke contoh kasus:

Kasus 1: Jika ayah buta warna kawin sama ibu buta warna, maka semua anaknya (laki-laki dan perempuan) akan buta warna.

Kasus 2: Jika ayah buta warna kawin dengan ibu normal tapi membawa gen buta warna, maka sebagian anak laki-lakinya dan sebagian anak perempuannya akan menderita buta warna, dan sebagian lagi anak perempuan tetap normal tapi membawa gen buta warna.

Kasus 3: Jika ayah buta warna kawin dengan ibu normal murni, maka semua anaknya normal baik laki-laki maupun perempuan, hanya saja sebagian anak perempuannya membawa gen buta warna. 

Kembali kepada judul tulisan, yaitu  Ayah Buta Warna Ibu Normal Maka Anaknya Bagaimana? Maka jawabannya ada pada kasus 2 dan 3. Artinya sekarang tergantung dari pihak ibunya, apakah normal murni atau membawa gen tersembunyi. Kalo ibu membawa gen tersembunyi, maka sebagian anak laki-laki dan perempuannya bisa jadi akan menderita buta warna.

Tetapi jika ibu normal murni maka anaknya semua akan normal, tapi anak perempuannya ada yang akan membawa gen tersembunyi.

Untuk tahu apakah ibu normal murni atau membawa gen tersembunyi bagaimana? Wah ini cukup sulit ya. Bisa dengan melihat silsilah orang tuanya ke atas apakah ada yang ketahuan menderita buta warna. Atau kalau mau lebih pasti, harus periksa gen dan ini tentunya sangat mahal dan jarang dilakukan.

Jadi bagi yang kawin dengan pasangan yang memiliki kondisi dimana prianya buta warna dan wanitanya normal tetap hati-hati saja. Lebih baik telusuri dulu riwayat kondisi orang tua, kakek nenek, sampai kakek nenek buyut dari calon istri, apakah ada yang menderita buta warna. Jika ada sebaiknya pertimbangkan lagi baik buruknya.

Demikian tulisan singkat ini, semoga bermanfaat adanya. Aamiinnn ....

Posting Komentar untuk "Ayah Buta Warna Ibu Normal Maka Anaknya Bagaimana? Ini Ulasannya!"