Bagaimana Penglihatan Orang Buta Warna

Hai semuanya! Kalian pernah dengar tentang buta warna? 

Jadi, buta warna adalah ketika seseorang tidak mampu melihat semua warna sama seperti kemampuan orang normal kebanyakan. 

Kalau untuk orang normal, dunia ini terlihat penuh warna-warni, tapi bagi penderita buta warna, terutama yang parah, dunia ini terlihat hitam, abu-abu, dan putih, loh. Monoton gitu nadanya.

Selain tipe parah di atas, ada jenis buta warna yang lain yang relatif lebih ringan, salah satunya yang paling umum adalah Tipe Merah-Hijau. Pada tipe ini, penderitanya sulit membedakan warna merah dan hijau. 

Buta warna merah-hijau melihat warna kuning dan hijau terlihat kemerahan. Oranye, merah, dan kuning terlihat seperti kehijauan. Merah terlihat seperti abu-abu gelap.

Ada juga buta warna Tipe Biru-Kuning. Penderita buta warna biru-kuning melihat warna biru tampak lebih hijau, serta sulit membedakan kuning dan merah. Kadang-kadang warna kuning terlihat seperti ungu atau abu-abu muda. Oh ya, tipe ini jarang ditemukan.  

Dampaknya? Hmm, sulit membedakan warna lalu lintas, misalnya. Dan ada beberapa pekerjaan yang mungkin tidak cocok untuk penderita buta warna, seperti menjadi pilot, polisi, tentara, dokter, apoteker, atau teknisi elektronik. 

Pekerjaan- pekerjaan itu seringkali membutuhkan kemampuan membedakan warna.

Tapi tenang, masih ada kok pekerjaan yang cocok buat mereka. Beberapa contohnya adalah guru, dosen, akuntan, staf marketing, atau penulis.

Kalau bicara solusi, sejauh ini belum ada cara yang bisa menyembuhkan buta warna secara permanen, guys. 

Tapi, ada kacamata khusus yang bisa membantu mereka melihat spektrum warna yang lebih lengkap. Sayangnya, harganya lumayan mahal dan hasilnya nggak selalu sesuai harapan.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Penglihatan Orang Buta Warna"